× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post MAN 3 Aceh Selatan Terapkan Ujian Berbasis Android dan Rapor Online 

MAN 3 Aceh Selatan Terapkan Ujian Berbasis Android dan Rapor Online 

228
SHARE
MAN 3 Aceh Selatan Terapkan Ujian Berbasis Android dan Rapor Online 

KSI News

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Aceh Selatan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama mulai menerapkan sistem ujian berbasis android. Bukan hanya ujian berbasih android, sekolah juga sudah menerapkan rapor online sejak 2018 lalu.

"Di Aceh Selatan baru kita sekolah yang menerapkan sistem ini. Gunanya berbasis android untuk menghemat kertas, kita tidak ada lagi biaya foto copy kertas ujian. Guru juga tidak lagi memeriksa soal ujian, begitu jawaban selesai langsung dikirim dan nilai siswa langsung keluar," kata Kepala Sekolah, Zulkarnaini SPd, Selasa (30/7/2019).

Ujian berbasis android itu menurut Zulkarnaini lebih praktis karena lebih mudah. Siswa yang ingin mengetahui nilainya bisa langsung melihat tak lama setelah ujian.

Sementara jika masih manual, lanjut Zulkarnaini, hasil ujian paling cepat baru bisa dilihat setelah sepekan. Jika ada siswa yang tidak lulus berdasarkan nilai yang keluar, mereka akan langsung mengukuti ujian ulang saat itu juga.

Kepala Sekolah MAN 3 Aceh Selatan itu mengungkapkan, untuk membuat ujian berbasis android memang tergolong sulit, sehingga ia mengirim para guru untuk dilatih di Banda Aceh agar mampu membuat soal berbasis android.

"Soal-solanya harus terkoneksi dengan internet, lalu dimasukan di google drive 15 GB, lalu kita transfer ke group masing-masing siswa pada saat ujian. Setelah semua soal selesai dijawab, mereka langsung summit untuk mengetahui nilainya, tentunya disini tidak ada rekayasa nilai," jelasnya.

Menurutnya, program tersebut lahir dengan biaya sendiri yaitu berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada pengembangan mutu. Sekolah juga mempunyai tenaga sendiri untuk menjalankan program tersebut.

"Awalnya dilatih di Banda Aceh, kegiatan ini juga mendapatkan apreasiasi dari Kementerian Agama, Provinsi Aceh pada saat ujian berlangsung. Kita berharap program ujian berbasis android ini bisa diterapkan oleh seluruh sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Aceh Selatan," pungkasnya.